Jumat, 08 Februari 2013

Kerajaan Tarumanegara

kerajaan ini terletak di bogor,jawa barat pada abad ke 4 hingga abad ke 7.Taruma merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan sejarah.Raja yang pernah berkuasa dan sangat terkenal dalam catatan sejarah adalah Purnawarman.
bukti sejarah peninggalan sejarah,berupa prasasti,yaitu:

  1. prasasti ciareteun
  2.  prasasti tugu
  3. prasasti jambu
  4. prasasti kebun kopi
  5. prasasti lebak

Prasasti yang ditemukan

  1. Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, CiampeaBogor
  2. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta. Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati sepanjang 6112 tombak atau 12km oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya.Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau.
  3. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten PandeglangBanten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.
  4. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  5. Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
  6. Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  7. Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar